Minggu, 06 Desember 2015

PT. DIRGANTARA INDONESIA



PT. DIRGANTARA INDONESIA




KELOMPOK 5
TPHT B

1.     SURYA ANGGRIAWAN          (361541333028)
2.     REZA YULIA ROSA               (361541333029)
3.     LILIK NURHAFIDLOH           (361541333031)
4.     MOCH HASAN BASRI           (361541333046)
5.     DEWI LUSIANA                     (361541333048)












PROGRAM  STUDY
D4 TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL TERNAK
POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI
2015


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan Rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah sederhana ini. Makalah ini adalah tugas pada mata kuliah DASAR – DASAR MANAGEMENT. Makalah ini disusun berdasarkan anjuran yang telah disampaikan dengan beberapa pengembangan. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing Ibu SARI WIJI UTAMI Dosen mata kuliah DASAR – DASAR MANAGEMENT dan seluruh pihak yang ikut andil dalam pembuatan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan belum mencapai kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhirnya, tidak ada yang dapat saya sampaikan selain mengharapkan agar kiranaya makalah dasar – dasar management ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.












Banyuwangi, 02 Desember 2015
Penyusun


Kelompok 5


DAFTAR ISI

1.     Cover................................................................................. i
2.     Kata Pengantar................................................................... ii
3.     Daftar Isi........................................................................... iii
4.     BAB I PENDAHULUAN................................................... 1
1.1 Latar Belakang............................................................ .1
1.2 Rumusan Masalah....................................................... .1
1.3 Tujuan......................................................................... 1
         5.  BAB II PEMBAHASAN................................................... .2
              2.1  PT.Dirgantara Indonesia............................................ ..2
              2.2  Permasalahan Perusahaan.......................................... ..2
              2.3  Solusi Perusahaan...................................................... .3
              2.4  Langkah-Langkah Strategis........................................ ..4
        6.  BAB III PENUTUP.............................................................5
             3.1  Kesimpulan................................................................ .5
             3.2 Saran........................................................................... 5
        7.  Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Belajar dari perusahaan-perusahaan besar yang sukses diberbagai bidang di Indonesia. Kini banyak generasi muda yang diajak atau diserukan untuk mulai dapat berinovasi membuat lapangan pekerjaan.
Untuk memulai usaha atau menjadi pengusaha yang sukses tentunya kita harus mengetahui atau setidaknya mempelajari bagaimana perusahaan yang telah besar merintis usahanya. Oleh karena itu disini kita tidak hanya melihat dari perusahaan yang telah sukses sekarang ini. Namun disini kita juga perlu mengetahui perusahaan yang pernah mengalami suatu masalah dalam perusahaannya namun hingga kini masih dapat bertahan.

1.2   Rumusan Masalah
              a.  Apa saja masalah yang pernah dialami perusahaan ?
 b.  Bagaimana perusahaan dapat mencapai keberhasilan?
 c.   Apakah jalan yang ditempuh agar perusahaan dapat tetap bertahan?

1.3   Tujuan
        Mengetahui Bagaimana suatu perusahaan dapat mencapai keberhasilan yang efektif dan efisien dan mengetahui apa saja metode-metode atau jalan yang dapat ditempuh agar bila terkena masalah perusahaan dapat tetap bertahan dan konsisten inovasi.
 
 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PT. Dirgantara Indonesia (DI)  
         PT. Dirgantara Indonesia merupakan industri pesawat terbang milik pemerintah Indonesia yang awalnya didirikan tahun 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai jenis pesawat terbang termasuk juga helikopter. Pada tahun 1998 disaat Indonesia mengalami krisis ekonomi, perusahaan ini nyaris bangkrut. Kemudian setelah melakukan berbagai strategi, rektrurisasi dan bantuan dari pemerintah, perusahaan yang berganti nama menjadi PT. Dirgantara Indonesia tahun 2000 tersebut berhasil bangkit dari keterpurukan.

2.2 Permasalahan Perusahaan
     Masalah-masalah yang menjadi penyebab PT. DIRGANTARA INDONESIA mengalami masa-masa sulit hingga hampir mengalami kebangkrutan :

      Terjadinya krisis ekonomi Asia 1997-1998 
      Krisis ekonomi Asia tersebut seolah menjegal PT. DIRGANTARA  INDONESIA. Hal tersebut dikarenakan demi menanggulangi krisis ekonomi, pemerintah Indonesia mengurangi alokasi dana dalam government spending, Akibatnya, krisis keuangan terjadi dalam perusahaan dirgantara tersebut. Karena hal itu maka perusahaan harus melakukan rasionalisasi anggaran dengan mengurangi jumlah karyawannya ± 12.000 karyawan. Krisis juga mengurangi jumlah produksi oleh perusahaan PT. DI. 

    Adanya Pengaruh dari IMF
      Penghentian dana oleh pemerintah Indonesia pada PT. DI sangat kental dengan campur tangan International Monetary Fund (IMF). IMF dianggap menjadi aktor yang  memberikan ‘tekanan’ bagi pemerintah Indonesia untuk merampingkan  anggaran belanja negara. Pada tahun 1998, IMF hadir untuk menawarkan bantuan agar Indonesia mampu keluar dari krisis. Tentu saja bantuan tersebut tidak secara cuma-cuma, terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi agar ‘cairnya’ bantuan IMF. Dan salah satu syarat yang diajukan IMF adalah pelaksanaan Structural Adjustment Loans (SALs). Dimana salah satu poin SALs sendiri adalah pengurangan secara besar-besaran anggaran pemerintah. Kemudian pemerintah Indonesia saat itu menyanggupi syarat IMF melalui menghentikan aliran dana untuk PT. DI dan mengalihkannya ke sektor industri non-padat modal, yang menurut IMF lebih penting untuk diselamatkan. Menurut Juru Bicara PT. DI, Sonny Ibrahim, kebijakan tersebut merupakan olah pikir yang dirancang Amerika Serikat (AS) dan Eropa untuk mematikan industri penerbangan lokal Indonesia yang dianggap akan menjadi industri dirgantara yang sukses dan menjadi pesaing mereka.

     PT. DI Terus Mengalami Kerugian dari Tahun ke Tahun. 
         Setelah krisis moneter hutang PT. DIRGANTARA INDONESIA pun kian menumpuk, karena PT. DI harus berdiri di atas kakinya sendiri. Diperkirakan kerugian yang dialami PT. DI hampir mencapai 7,25 triliun dan menunggak hutang sebesar tiga triliun rupiah.

          PT. DI Kembali Mengalami Penurunan Penjualan Pada 2001 
          Penurunan penjualan yang terjadi dikarenakn adanya pergantian management yang kurang baik. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga 1,5 triliun rupiah. Akhirnya pada tahun 2004 keadaan perusahaan semakin memburuk, terpaksa dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga 6.651 orang. Tahun 2007 PT.DI berada pada titik nadir,  ketka Pengadilan Niaga dalam Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan kepailitan pada PT.DI karena kompensasi dana dan pensiunan pegawai belum dibayar.

2.3 Solusi Yang Ditempuh 

      PT. DI baru terlihat mulai bangkit dari kebangkrutan setelah pemerintah Indonesia mengutus Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk melakukan restrukturisasi perusahaan dalam bidang keuangan. Melalui PP No. 70 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimana PT. DI mendapatkan suntikan dana kembali dari pemerintah sebesar satu triliun rupiah. Seperti efek bola salju, aliran modal pemerintah ini mengundang kepercayaan konsumen luar negeri bahwa PT. DI telah bangkit. Hingga kini PT. DI dipercaya sebagai pemasok utama komponen pesawat perusahaan Airbus, dan berhasil bermitra dengan salah satu perusahaan produsen pesawat terbang terbesar di dunia. Bahkan Airbus telah memutuskan untuk memindahkan pabrik pesawat C-295 dari Spanyol ke Bandung. Hal tersebut ibarat angin segar dalam upaya mengembalikan citra perusahaan dirgantara terbesar di Indonesia dalam dunia industri pesawat internasional. PT. DI juga menandatangani kontrak kerja sama sebagai perusahaan sub-kontrak dengan Eurocopter Family, CTRM, dan Korean Air. Selain perusahaan luar negeri, PT. DI pun sukses menjalin kesepakatan dengan perusahaan penerbangan dalam negeri, yaitu Lion Air, yang telah membeli seratus unit N-219, yaitu pesawat penumpang sembilan kursi. 
        Ketika melihat fenomena kebangkitan PT. DI saat ini, inovasi yang merupakan hasil dari proses RnD sangat menentukan perkembangan produk dari perusahaan, yang sebanding dengan tingkat penjualan produk itu sendiri. Dimana inovasi tersebut dapat diaraih apabila terdapat pengelolaan yang baik terhadap sistem RnD sehingga dapat mengoptimalkan segala potensi sumber daya yang ada. Selain itu inovasi juga merupakan kunci dalam pengembangan ekonomi regional yang lebih sukses dan kompetitif. Sebab dengan meningkatkan kapasitas inovasi di semua level, khususnya lokal dan regional akan sangat mendukung keberhasilan tujuan nasional itu sendiri. 


 2.4 Langkah – Langkah Strategis
a. Reorientasi Bisnis
         Hal ini dilakukan dengan memfokuskan kegiatan usaha yang semula berjumlah 18 bidang usaha dan di fokuskan menjadi 5 bidang usaha yang berkompeten, yaitu meliputi: Aircraft, Aerostrukture, Aircraft Services, Defence, Engineering Services. Berkaitan denganfungsi management perencanaan (plannig)
b. Restrukturisasi Sumber Daya Manusia dan Organisasi
        Hal ini dilakukan dengan beberapa target yaitu dengan penyusunan struktur organisasi yang baru yang akan disesuaikan dengan pelaksanaan reorientasi bisnis. Sedangkan restrukturisasi bidang Sumber Daya Manusia antara lain program Rightsizing melalui program pension dini sukarela dan penerapan Job Establishment and Grading System (JEGS)didasarkan pada keahlian / kompetensi. Berkaitan dengan fungsi management pengorganisasian (organizing)
c. Restrukturisasi Keuangan dan Permodalan
       Menciptakan struktur keuangan dan managemen keuangan yang baik dan kuat, karena faktor keuangan sangat penting dalam pengembangan usaha.d. Program Peningkatan Kinerja
     Program peningkatan kinerja ini ditujukan untuk menciptakan Persero yang berdaya saing dan berorientasi global.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan 
    Munculnya krisis moneter Asia pada tahun 1997, memaksa pemerintah Indonesia untuk menandatangani Letter of Intent dalam rangka memperoleh dana pinjaman bersyarat dari IMF. Dengan disetujuinya dana pinjaman bersyarat tersebut menjadikan pemerintah Indonesia harus melakukan revisi kerangka makroekonominya, yaitu dengan menarik sebagian subsidi pemerintah, salah satunya adalah penarikan subsidi dan pinjaman kredit kepada PT. DI. Dengan dicabutnya suntikan dana dari pemerintah kepada PT. DI, membuat perusahaan pesawat terbesar di Indonesia tersebut mengalami kerugian dan menunggak utang yang sangat besar. Selain kerugian dalam hal keuangan, PT. Di juga terpaksa merumahkan enam ribu lebih pekerjanya. Adanya intervensi IMF dalam kebijakan ekonomi pemerintah ini, dianggap telah menghambat perkembangan IPTEK di bidang transportasi pesawat terbang Indonesia. PT. DI telah kehilangan waktu belasan tahun untuk mengoptimalkan perkembangan teknologi dan kualitas produknya, sehingga dengan mekanisme pasar bebas saat ini, teknologi pesawat Indonesia kesulitan untuk bersaing dengan industri-industri pesawat dari negara lainnya.

3.2 Saran 
    Dari sudut pandang NSI, seharusnya pemerintah Indonesia memberikan dukungan melalui suntikan dana untuk melakukan RnD dalam industri pesawat sebagai industri manufaktur berteknologi tinggi yang memerlukan banyak modal. Dengan dukungan keuangan dan kebijakan yang mendukung kegiatan riset, akan sangat mungkin jika PT. DI dapat menjadi sumber devisa terbesar Indonesia juga sebagai satu alat politik untuk meningkatkan bargaining position.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.indonesian-aerospace.com/aboutus.php?m=aboutus&t=aboutus8>, diakses 19 November 2013
http://finance.detik.com/read/2013/01/17/171322/2145418/1036/1/bj-habibie-saya-bilang-gila-industri-strategis-penerbangan-dibubarkan

http://www.indonesian-aerospace.com/view.php?m=news&t=news-detil&id=142 http://www.library.ohiou.edu/indopubs/1998/01/17/0023.html http://www.bumn.go.id/21630/publikasi/berita/tekanan-imf-membuat-pt-di-bermasalah/ http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2012/10/121006_ptdiawakening.shtml

9 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Semua terima kasih kepada nyonya karina roland untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama perusahaan pinjaman Abigail Mills. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya karina roland mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah online saya sangat senang semua berkat mrs karina roland saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapapun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui email karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (312) 8721-592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!

    Nama saya Yula Falentina dari Surabaya dan saat ini tinggal di Malaysia. terima kasih kepada REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman RM760.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah sekitar 2%.

    Saya ditipu oleh penipu online bulan lalu, terima kasih kepada Tuhan yang menggunakan Rebecca Alma untuk mengakhiri semua kecurigaan saya dalam hidup saya, saya tidak pernah percaya saya bisa mendapatkan perusahaan pinjaman yang asli, jadi saya mencari pinjaman tanpa sejarah kredit dan saya punya banyak bank dan perusahaan keuangan untuk menghentikan saya, tetapi semua menolak.

    Saya melihat halaman di internet dan saya melihat seorang wanita yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Saya menghubungi ibu Rebecca dengan percaya diri dan dalam waktu 2 jam, saya mendapat pinjaman, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog itu benar-benar palsu karena semua hutang saya dibayar. Saya berjanji kepada Tuhan untuk membagikan kesaksian hidup saya karena mereka memberi saya harapan lagi. Harap berhati-hati ketika mencari perusahaan pinjaman karena ada perusahaan pinjaman palsu yang akan menipu Anda dari uang Anda namun Anda tidak akan mendapatkan pinjaman. Hubungi ibu Rebecca melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com atau Anda masih dapat menghubungi ibu Rebacca melalui nomor whatsapp: +14052595662.

    Anda masih dapat menghubungi saya melalui alamat email saya: yulafalentina944@gmail.com

    Semoga Tuhan memberkati Anda semua saat Anda mendapatkan pinjaman dari Rebacca Alma Loan Company dan juga membagikan kabar baik sehingga orang tidak akan jatuh cinta pada perusahaan palsu di mana pun.

    BalasHapus
  4. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  5. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    W / S: +1(585)708-3478

    Ny. Karina SELAMAT DATANG DI PERUSAHAAN KARANG ROLAND KARINA, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah memberikan Layanan Profesional yang Unggul.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda berada dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp kami hanya di +1(585)708-3478

    BalasHapus
  6. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Kabar Baik, Semuanya.
    Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
    Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke rekening bank saya.

    Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
    Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Loans rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Ibu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk mendapatkan lebih banyak arahan. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.

    BalasHapus
  8. Halo semuanya!!!
    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. Saya harap Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan dari perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan terkecoh seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukannya pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari sebuah perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. dapatkan pinjaman saya hanya dengan tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat WhatsApp ibu Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662

    Silakan Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com

    Semoga Allah senantiasa menyertai Anda semua. Semoga yang terbaik bagi Anda

    BalasHapus

  9. W/A::::::::::::::::::::::::: +62 81617 547 646
    Tel::::::::::::::::::::::::::: +62 81617 547 646
    e_mail::::::::::::::::::::[aditya.aulia139@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    W/A:::::(+44) 7480 729811
    Tel....:::( +44) 7480 729811
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

    BalasHapus